Senin, 06 Mei 2019

RPS PERTEMUAN IX


METODE – METODE DARI BERBAGAI SURVEI LALU LINTAS

A.     SURVEI INVENTARISASI JALAN
Jenis informasi yang dikumpulkan tergantung pada tujuan penggunaannya. Bina Marga tertarik dengan masalah penanganan konstruksi jalan seperti: data mengenai jenis konstruksi jalan, fasilitas drainase dan kondisi struktur.
Dinas LLAJ tertarik pada aspek operasional arus lalu - lintas dan pengendaliannya, seperti faktor-faktor yang mempengaruhi bangkitan perjalanan, kapasitas jalan dan persimpangan, serta keselamatan lalu-lintas.

1.      Metode Inventarisasi Jalan Antar Kota
Dilakukan dengan penekanan pada alinemen jalan, kondisi fisik, kualitas permukaan dalam kaitannya dengan kenyamanan berkendaraan. Informasi yang dikumpulkan dalam survei inventarisasi jalan meliputi:
a.      Panjang, lebar ruas jalan,
b.      Jenis konstruksi,
c.       Alinemen horizontal, alinement vertikal
d.      Jarak pandangan,
e.      Fasilitas pejalan kaki, bahu jalan dan drainase,
f.        Kondisi permukaan jalan, koefisien gesekan jalan,
g.      Lebar jalan, jumlah jalur,lebar median, lebar bahu yang diperkeras, daerah milik jalan/damija/ROW
h.      Lokasi dan jenis persimpangan serta semua akses lainnya,
i.        Lokasi, jenis dan ukuran dan rambu jalan, marka jalan dan lampu penerangan.

2.      Metode Inventarisasi Jalan Kota
Rincian data inventansasi prasarana jalan untuk jalan kota meliputi:
a.      Desain geometrik.
b.      Pengendalian lalu lintas
Informasi mengenai perangkat pengendalian lalu-lintas yang perlu diinventarisasikan meliputi:
1)      Rambu lalu-lintas dan marka jalan yang meliputi lokasi, jenis dan ukuran,
2)      Lampu lalu-lintas dan lampu penerangan
3)      Persimpangan, jari-jari belokan, lokasi dan jenis pengendalian
4)      Parkir dan akses ke dan dan jalan, parkir di jalan dan diluar jalan, dan cara pengendaliannya.

B.      SURVEI VOLUME LALU-LINTAS TERKUALIFIKASI
1.      Metode Survei Manual
a.      Volume lalu-lintas
Surveyor menempati suatu titik tertentu di tepi jalan sehingga mendapatkan pandangan yang jelas sedapat mungkin petugas terhindar dan panas,hujan. Petugas mencatat setiap kendaraan yang melewati titik yang telah ditentukan pada formulir lapangan atau dengan hand tally (suatu alat kecil yang dapat menjumlah secara kumulatif) dan memindahkannya pada formulir lapangan.
Pencatatan data umumnya dilakukan secara terpisah untuk masing-masing arah lalulintas, waktu pengamatan biasanya antara 5 menit (untuk jalan yang sangat sibut) hingga 1 jam (untuk jalan luar kota).
Survei yang lebih rumit adalah metode kendaraan pengamat bergerak ( moving car observer), metode ini digunakan apabila data volume dan kecepatan secara sekaligus ingin diperoleh.

b.      Volume lalu-lintas terklasifikasi
Cara melakukan pencacahan volume lalu-lintas secara manual serupa dengan pencacahan volume lalu-lintas, namun diperlukan formulir yang berbeda. Jangka waktu tergantung maksud dan kondisi lalu lintas yang akan dipecahkan. Jika masalah kemacetan pada saat jam sibuk, maka pencacahan volume lalu-lintas dengan interval 5 menit, selain diperlukan data volume selama sehari.
Dalam memperoleh data arus lalu-lintas sehari, maka survei dilakukan selama 24 jam, akan tetapi waktu terbesar adalah antara jam 06.00 pagi sampai jam 18.00 malam (12 jam). Volume selama 12 jam ini biasanya sebesar 85% dan total volume sehari penuh pada area perkotaan dan 80% pada rute antar kota.

2.      Metode Pencacahan Otomatis
Alat pencacahan otomatis umumnya terdiri dari :
1)      Detector yang mendeteksi kendaraan yang melintasinya.
2)      Alat pencatatan mekanis atau elektronik, yang mencatat/mendeteksi setiap kendaraan yang melewati detector.
3)      Video kamera, yang diperlengkapi dengan alat pendeteksi kendaraan secara visual.
Berbagai sistem pencacah otomatis tersedia dan sistem yang baru tentu dikembangkan. Banyak sistem yang dapat langsung dihubungkan dengan komputer untuk kemudahan dan kecepatan pemrosesan data selanjutnya.

a.      Selang udara ( pheumatic tube )
Sistem selang udara khususnya digunakan untuk pencacahan yang relatif singkat. Sistem ini terdiri dari satu selang karet yang diletakan secara melintang pada jalur jalan dan diikatkan pada permukaan jalan dengan menggunakan klip pengikat khusus. Satu ujung selang ditutup, kecuali untuk satu lubang angin yang kecil, sedang ujung lainnya dihubungkan ke alat pencatat yang digerakan dengan tekanan udara. Setiap kali kendaraan melewati selang, masing-masing sumbu roda kendaraan akan menyebabkan satu pulsa udara yang mengarah kealat pencatat.

b.      Pekat elektrik
Pelat elektrik merupakan alat yang terdiri dari pelat baja yang ditanamkan dibawah permukaan jalan. Setiap sumbu kendaraan yang melewati pelat ini akan menimbulkan aliran listrik dan mengaktifkan alat pencatat.

c.       Induksi putar ( induction loop )
Induksi putar adalah kawat listrik yang diletakan dibawah permukaan jalan. apabila arus litrik dialirkan pada kawat tersebut, maka akan terbentuk medan magnit. Medan magnit ini akan terganggu bila logam seperti kendaraan melintasinya, dan gangguan tersebut dicatat.

d.      Radar
Detektor radar yang digantungkan diatas jalan yang secara menerus mengirimkan dan menerima signal radio pada frekwensi tertentu, yang digunakan untuk menghitung volume kendaraan pada jalan yang sangat sibuk dan memiliki banyak jembatan.

e.      Detektor ultrasonik
Ada dua jenis detektor ultrasonik, yaitu pulsa dan resonansi. Jenis pulsa dioperasikan dengan memakai gelombang suara, dan gelombang tersebut dipantulkan kembali oleh permukaan jalan. Kendaraan yang melewati dibawah. unit ini akan memantulkan gelombang yang lebih pendek, yang mana kemudian dicatat.
Jenis detektor resonansi memerlukan alat pencar di satu sisi dan jalan dan alat penerima disisi lainnya. Kendaraan yang lewat akan memutuskan alur (beam) energi ultrasonik, dan ini dicatat sebagai satu kendaraan.

f.        Video Image Processor
Video image processor merupakan perangkat kamera video yang merekam arus lalulintas dan dilengkapi dengan alat yang dapat merekam perubahan gambar yang teijadi didalam gambar video sehingga dapat dihitung besarnya arus lalu-lintas.

C.      SURVEI VOLUME PERGERAKAN MEMBELOK
Pencacahan pergerakan membelok digunakan untuk:
1)      Desain geometrik persimpangan.
2)      Analisis pengendalian dan kapasitas persimpangan dengan perhatian khusus terhadap arus belok kanan.
3)      Studi kelambatan
4)      Statistik kecelakaan
5)      Perhitungan arus jenuh.

Metode Survei Volume Pergerakan Membelok
Pengamat berdiri ditepi jalan pada masing-masing kaki persimpangan dengan pandangan kearah persimpangan, dan menghitung kendaraan yang bergerak sesuai dengan arah pergerakannya. Jika memungkinkan, pengamatan dan gedung tinggi yang berdekatan atau dapat digunakan kaniera video dan tempat yang memadai dan menganalisisnya dilaboratorium/kantor.
Volume terklasifikasi juga dapat dilakukan dalam survei ini, tapi biasanya tidak sedetail pada pencacahan terkiasifikasi pada ruas jalan. Pencacahan harus dilakukan untuk menentukan arus lalu-lintas per jam pada jam sibuk dan biasanya dilakukan dalam interval 5 menit sampai 15 menit. Pada gambar dibawah ini diperlihatkan contoh formulir pencacahan pergerakan membelok.


D.     SURVEI KECEPATAN
Manfaat dan kegunaan data survai kecepatan lalu-lintas yang terpenting adalah :
a)      Penentuan kebutuhan alat pengendali lalu-lintas dengan rambu lalu-lintas, marka dan lampu isyarat lau-lintas.
b)      Evaluasi efektivitas dan perbaikan lalu-lintas (studi sebelum dan sesudah),
c)       Merumuskan standar untuk keperluan desain dan rancang bangun jalan barn atau peningkatan jalan.
d)      Analisis ekonomi, terutama terhadap dampak kecepatan terhadap peningkatan / penurunan manfaat ekonomi.
e)      Analisis data kecelakaan (kecepatan-kecelakaan, kecepatan-karakteristik geometrik)

1.      Metode Tak Langsung
1.1  Metode Dua Pengamat
Dilokasi yang akan diteliti ditetapkan suatu jarak dasar tertentu, biasanya antara 20 meter sampai 100 meter, pada setiap titik disalipkan 1 orang pengamat. Pengamat pertama menurunkan tangannya begitu sebuah kendaraan yang diukur kecepatannya melewatinya dan pengamat ke 2 menjalankan stop watch. Pengamat ke 2 mematikan stop watch ketika kendaraan tersebut melewatinya dan kemudian mencatat waktu tempuh kendaraan yang diamati.

1.2  Metode Enoscope
Metode ini sama seperti metode dua pengamat, kecuali bahwa alat enoscope digunakan sebagai pengganti salah satu pengamat. Apabila digunakan satu buah enoscope maka pengamat berdiri pada ujung yang lain. Apabila digunakan dua enoscope pengamat berdiri ditengah-tengah. Pada waktu kendaraan melewati enoscope tersebut, maka pantulan kilatan cahaya akan terlihat pada cermin. pada saat itu pengamat mulai menekan tombol stop watch, kemudian waktu kendaraan melewati ujung lainnya, dimanajarak kedua enoscope tersebut telah ditentukan, maka pengamat menghentikan stop watch dan mencatat waktu yang digunakan kendaraan untuk menempuh jarak tersebut.

1.3  Metode Speed Meter
Dengan alat speed meter penggunaan tenaga manusia digantikan dengan mesin. Sebagai contoh, alat Venner meter, menggunakan dua selang karet, dimana alat ini secara elektronik akan mengukur waktu antara dua pulsa udara yang ditimbulkan oleh satu as roda kendaraan yang melintasi kedua pipa karet tersebut berurutan.

1.4  Metode Time Lapse Photography
Adalah suatu cara pengukuran kecepatan dengan menggunakan peralatan photography. Peralatan yang digunakan adalah kamera film yang merekam gerakan kendaraan denga selang waktu tertentu sedemikian sehingga gerakan kendaraan dapat dipantau dengan mengikuti gerakan atau dengan menggunakan rekaman video yang dilengkapi dengan rekaman waktu. Video film dapat berputar terus, atau sebagai alternatifnya foto dapat diambil pada interval waktu yang regular.

2.      Metode Langsung
2.1  Radar Meter
Radar meter menggunakan gelombang radio, gelombang ultrasonik atau gelombang infra merah yang dipancarkan dan alat tersebut kearah kendaraan yang akan diukur kecepatannya yang kemudian dipantulkan kembali oleh kendaraan, dan dan selisih waktu gelombang tersebut dipantulkan secara berurutan dapat diukur kecepatan kendaraan oleh microprocessor pada peralatan tersebut.


SUMBER MATERI :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar